Dibekuk Iran, Korsel Lolos Via Selisih Gol

ULSAN – Korea Selatan (Korsel) yang sedianya hanya butuh sebiji poin untuk lolos, dibikin jantungan. Dibekuk Iran, 0-1 hampir membuat Korsel gagal lolos otomatis ke Piala Dunia dari Grup A zona Asia. Namun lantaran masih unggul selisih satu gol dari Uzbekistan, Korsel beruntung masih lolos.
 
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Tim tamu lebih dulu didera tekanan Korsel pada menit keenam babak pertama. Kim Shin-Wok melayangkan sepakan voli keras dari luar kotak penalti. Sayang, arah bola masih melambung ke atas mistar gawang Rahman Ahmadi, garda gawang Iran.
 
Taegeuk Warriors terus memberi gempuran dengan diselingi sejumlah tendangan spekulatif sebagai alternatif menghadapi ketatnya pertahanan Iran. Tendangan jarak jauh berikutnya coba dilepaskan Lee Dong-Gook pada menit ke-13 yang masih sanggup dihalau Ahmadi.
 
Sebelum menutup interval perdana, Son Heung-Min menciptakan kemelut di kotak penalti Iran pada menit ke-42. Beruntung, Ahmadi mampu melakukan blocking dan bola pun segera "disapu bersih" Khosro Heydari. Gawang Iran aman hingga turun minum.
 
Babak Kedua
Team Melli – julukan Iran berganti mencuri tekanan sejak awal di 45 menit kedua. Korsel mulai kelimpungan dan 15 menit setelah babak kedua dimulai, Iran memimpin berkat gol pemecah kebuntuan yang ditorehkan Reza Ghoochannejhad.
 
Pada menit ke-60, Ghoochannejhad yang mencuri bola dari penguasaan Kim Young-Won, meringsek cepat hingga ke jantung kotak penalti Taegeuk Warriors. Sesaat sudah berhadapan one-on-one dengan Jung Sung-Ryong, Ghoochannejhad men-chip bola untuk memperdaya Sung-Ryong sekaligus mengubah skor, 1-0 untuk Iran.
 
Tim negeri ginseng mencoba membalas. 16 menit berselang tuan rumah menyia-nyiakan peluang emas ganda dari kaki Young-Won dan Heung-Min. Dari jarak lima yard, sepakan Young-Won masih terhalang tepisan Ahmadi. Nahas, bola liar yang menghampiri kaki Heung-Min juga gagal berbuah gol lantaran kembali diselamatkan Ahmadi.
 
Korsel belum menyerah dan di menit ke-80, Lee Myeung-Jo mencoba peruntungannya dari jarak 30 yard. Tembakan jarak jauhnya masih terhalang heroisme Ahmadi di mistar gawang tim Bintang Persia dan hanya melahirkan sepakan pojok.
 
Tak ingin lolos ke Piala Dunia melalui babak playoff, Korsel masih menggeber agresivitas di penghujung babak kedua. Menit ke-90+2, Jang Hyun-Soo mencoba melepaskan tendangan keras dari sudut sempit kotak penalti Iran. Sial, arah bola masih tipis di samping tiang gawang.
 
Semenit berselang datang lagi peluang emas hasil kerja sama Kim Chi-Woo dan Lee Keun-Ho. Umpan silang Chi-Woo disambut tandukan keras Keun-Ho yang sayangnya, kembali tipis melintas dari tiang gawang Iran.
 
Stand di Munsu Cup Stadium memampang angka 1-0 untuk Iran dan bertahan hingga akhir sekaligus menjemput tiket lolos ke putaran final Piala Dunia dengan menyandang status juara Grup A. Adapun Korsel yang sebelumnya memuncaki klasemen, harus turun ke peringkat dua dan nyaris harus ke babak playoff.
 
Pasalnya, Uzbekistan di waktu yang sama, menang telak 5-1 atas Qatar. Namun Korsel masih beruntung unggul selisih gol walau memiliki poin yang sama dan lolos ke putaran final Piala Dunia menyusul Jepang, Australia dan Iran dari zona Asia.
 
Susunan Pemain
Korea Selatan: Jung Sung-Ryong, Kim Chang-Soo, Kim Young-Gwon, Jang Hyun-Soo, Kim Chi-Woo, Kim Ki-Hee, Lee Myeong-Ju, Lee Dong-Gook, Kim Shin-Wook, Son Heung-Min/Kim Bo-Kyung (74'), Ji Dong-Won/Lee Keun-Ho (65').
 
Iran: Rahman Ahmadi, Seyed Hosseini, Pejman Montazeri, Hashem Beikzadeh, Amir Sadeghi, Khosro Heydari/Gholamreza Rezaei (68'), Javad Nekounam, Masoud Shojaei/Ehsan Hajsafi (83'), Andranik Teymourian, Mojtaba Jabari, Reza Ghoochannejhad/Farzad Hatami (90+1').
 
Hasil Lain Kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Asia
Grup A
Uzbekistan 5-1 Qatar
 
Grup B
Australia 1-0 Irak
Yordania (23.00 – WIB) Oman.
(raw)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/18/51/824019/dibekuk-iran-korsel-lolos-via-selisih-gol
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger