Disanksi 2 Tahun, Bayu Andra Bantah Pura-Pura Cedera

SOLO - Kabar buruk sedang menghampiri Persis Solo versi LPIS. Salah satu pemain andalannya, Bayu Andra terancam mendapat sanksi larangan bermain sepakbola selama dua tahun.

Kasus ini bemula saat Persibo Bojonegoro menjalani laga tandang kontra Sunray Cave JC Hong Kong di AFF Cup 2013, 9 April lalu. Bayu Andra menjadi bagian dari skuad Persibo karena meski berstatus pemain Persis LPIS, namun namanya sudah didaftarkan Persibo di ajang AFF Cup.

Hasil investigasi Komisi Disiplin (Komdis) PSSI menyebutkan, Bayu Andra dan tiga rekannya di Persibo melakukan kecurangan saat Persibo dibantai tim asal Hongkong 8-0. Komdis PSSI menyebut empat pemain Persibo berpura-pura cedera agar laga dihentikan lebih cepat. Wasit yang memimpin laga pun akhirnya menghentikan pertandingan pada menit ke 65 karena pemain Persibo tinggal tujuh pemain yang masih di lapangan.

Dalam aturan pertandigan sepakbola, pertandingan dihentikan jika jumlah pemain yang tersisa di lapangan tinggal tujuh pemain. Parahnya lagi, saat laga tersebut, skuad Persibo yang dibawa dalam lawatan ke Hong Kong sangat terbatas, hanya 12 pemain saja.

Menanggapi ancaman sanksi tersebut, Bayu Andra menegaskan sama sekali tidak berbuat curang di laga yang sangat mencoreng Persibo di mata dunia internasional. Bayu membantah hasil investasi Komdis PSSI yang menyebutnya bermain tidak fair play. "Saya benar-benar cedera saat laga itu. Kaki saya sudah dicederai oleh pemain Hong Kong. Saya minta keluar (dari lapangan) karena memang cedera, bukan pura-pura cedera," katanya di sela-sela latihan Persis LPIS, Kamis (13/6/2013).

Pilar Persis LPIS ini mengaku sudah mendapat kabar seputar ancaman sanksi dari Komdis PSSI tersebut. Dia juga sudah menghubungi manajemen Persibo. "Tadi malam sudah banyak berita di media online soal kabar itu. Saya langsung menghubungi manajemen Persibo dan katanya manajemen (Persibo) akan banding atas hasil investigasi itu," ungkap pemain kelahiran 15 April 1982 ini.

Seperti diberitakan tadi malam, Ketua Komdis PSSI Hinca Panjaitan menyebutkan sanksi hukuman bagi pemain karena keputusan ofisial tim yang diberikan kepada pemain. Ofisial meminta kepada para pemainnya untuk berpura-pura cedera saat berlaga melawan Sunray Cave JC di Hong Kong.

Hinca mengatakan, para ofisial tim itu bertanggung jawab terhadap Persibo di Hong Kong. "Kami baru bisa membuktikan adanya perintah agar satu per satu pemain Persibo berpura-pura cedera. Tujuan yang baru bisa dibuktikan sementara, supaya tidak semakin kalah dengan skor mencolok," kata dia.

Selain Bayu Andra, ada tiga pemain yang terancam diganjar sanksi hukuman dilarang bermain selama dua tahun. Ketiganya adalah Wahyu Teguh, Tri Rahmad Priadi dan Crah Eka Angger Iswanto. Sedangkan enam pemain lainnya diberikan hukuman percobaan. (Ridwan Anshori/Koran SI/acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/13/50/821448/disanksi-2-tahun-bayu-andra-bantah-pura-pura-cedera
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger