Kehadiran Djanur, SvD & Kans Persib di Mata Atep

BANDUNG - Persib Bandung tampil menjanjikan di musim ini dengan menempati papan atas klasemen sementara Indonesia Super League. Lantas, bagaimana kans skuad Maung Bandung tampil sebagai kampiun musim ini?

Gelandang sayap sekaligus kapten tim Atep membeberkan pandangannya terkait penampilan timnya di musim ini. Mulai dari sosok pelatih Djajang Nurjaman yang dinilainya sukses meramu tim, perekrutan pemain yang bagus, dan suasana kondusif yang melingkupi suasana klub.

Berikut petikan wawancara ekslusif Atep dengan tim bola.okezone dan okezone.tv beberapa waktu lalu:

Bagaimana penampilan Persib di musim ini dan kans di putaran dua ISL?

Ya, memang musim ini bisa dibilang, musim terbaik dibanding musim-musim sebelumnya, sejak saya bermain di Persib. Persiapan musim ini beda dengan musim-musim sebelumnya, dengan perekrutan mulai dari pelatih, pemain, manajemen, kami seperti sebuah keluarga besar.

Ini poin penting buat kami semua. Rasanya kami akan menunjukkan penampilan yang baik pada putaran kedua ini, karena di setiap pertandingan, keinginan  untuk menang selalu besar dan ini sangat bagus untuk tim.

Punya pendapat soal pemilihan Djajang Nurjaman sebagai pelatih? Apa kelebihannya?

Pelatih Djajang ini berbeda. Dia lebih mengetahui atmosfer dan gaya permainan Persib dan beliau ingin menerapkan gaya permainan yang dulu bermain satu-dua, yang menonjolkan permainan tim.

Sampai sekarang saya rasa dia cukup berhasil melakukannya, dengan pemain-pemain yang menurut saya bagus dan masuk dalam kriteria permainan dia. Inilah yang membedakan Persib dengan musim-musim sebelumnya dan bisa membawa Persib bisa sampai sekarang ini.

Persib dikenal tim yang 'hobi' menggonta-ganti pelatih. Dan dulu sempat ada Daniel Darko Janackovic yang belum sempat memimpin pertandingan tapi sudah dipecat. Apa yang membuat dia dipecat?

Soal Darko, saya rasa tidak ada perpecahan antar pemain. Mungkin, hanya perbedaan visi saja. Kami tidak cocok dengannya. Dia sedikit menyamakan antara bermain di negaranya dan di Indonesia, dan dia membawanya ke sini dengan disiplin yang sangat keras. Kalau menurut saya, lebih keluar dari disiplin. Dan itu yang mungkin membuat Darko akhirnya tidak bisa lanjut di Persib.

Apakah benar pemecatan itu karena Darko ribut dengan Markus (Saat itu salah satu pemain andalan Persib)?

Bukan hanya dengan Markus, mungkin juga dengan pemain-pemain yang lain. Kita tidak bisa menyalahkan hanya satu orang.

Bagaimana tanggapan Anda dengan anggapan banyak orang yang menyebut performa menanjak Persib musim ini tidak lepas dari peran Sergio van Dijk?

Memang tidak bisa dipungkiri kehadiran Sergio membawa angin segar buat kami semua. Tapi, tidak bisa juga dibilang, kehadiran Sergio membuat tim kita lebih bagus, atau tidak ada Sergio tim jadi lemah. Menurut saya, suatu tim yang bagus, kolektivitas yang utama. Jadi, walau tak ada Sergio pun, kami akan tetap bagus. Karena memang, tren kami terus menanjak karena permainan kolektivitas kami semakin bagus.

Bagaimana tanggapan Anda soal dukungan luar biasa yang diberikan pendukung di setiap pertandingan yang dimainkan Persib? Adakah motivasi tambahan atau justru tertekan?

Tentu. Ini yang membedakan, karena saya juga mengawali karier profesional di tim di luar bandung, dengan suporter yang juga fanatik. Tapi, ada perbedaan-perbedaan suporter Persib dengan pendukung lain. Di Persib ini memang, selain karena tim besar (satu-satunya di Jawa Barat), semua orang jadi sangat mencintai Persib. Jadi kami kemana pun, disambut bak raja ibaratnya.

Tapi, terkadang banyak juga pemain datang dan pergi tidak bisa mengeluarkan penampilan terbaik, karena tekanan dan tuntutan yang sangat besar di Persib.

Persib tampil hebat di musim ini terutama di kandang (belum pernah kalah). Tapi, anehnya setiap keluar kandang, justru jarang mendapat hasil maksimal? Mengapa bisa begitu?

Sampai sekarang kami belum mengerti, kenapa Persib selalu seperti ini di setiap musim (jarang menang di luar kandang). Meski di setiap musim berganti permainan dan pemain berbeda, seharusnya penyakit lama ini tidak terbawa ke musim sekarang. Memang, kami belum bisa memecahkan masalah penampilan di kandang dan tandang. Mungkin salah satunya itu, kehadiran (dukungan) Bobotoh sangat berpengaruh besar.

Soal kans jadi juara ISL musim ini, tim mana yang menurut Anda jadi saingan berat Persib?

Yang pertama adalah Persipura karena mereka belum terkalahkan hingga kini, tapi tim-tim seperti Arema, Sriwijaya, Mitra Kukar itu berpeluang besar untuk bisa bersaing. Dan semua itu kembali lagi ke kami.Kalau kami menganggap tim kami sudah bagus, itu sebuah kesalahan besar. Saya berharap, semua teman harus mewaspadai dan di setiap pertandingan harus punya motivasi lebih (untuk menang).

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan update seputar sepakbola (acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/04/49/817284/kehadiran-djanur-svd-kans-persib-di-mata-atep
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger