Meski Dibantai Nigeria, Pelatih Tahiti Tetap Bangga

MINAS GERAIS – Tim nasional Tahiti harus mengakui keunggulan Nigeria setelah dilumat Elang Super dengan skor 1-6. Namun pelatih Tahiti, Eddy Etaeta cukup bangga dengan penampilan anak asuhnya.
 
Juara Oceania itu memang kalah kualitas dengan juara Afrika. Cukup dimaklumi, pasalnya Tahiti hanya menempati ranking 138 dunia FIFA , berbanding jauh dengan Nigeria yang kini menempati posisi ke-28 dunia.
 
Saking sadarnya dengan kapasitas yang dimiliki, Etaeta justru mengaku senang, karena bisa tampil di ajang Piala Konfederasi, yang biasanya hanya mereka tonton di televisi. Bahkan mereka bersyukur bisa mencetak satu gol, lewat sundulan Jonathan Tehau.
 
"Saya sangat terharu, bahkan hampir menangis. Kami biasanya menonton Piala Dunia lewat televisi. Sekarang kami merupakan salah satu partisipan," ucap Etaeta, seperti dilansir FIFA.com, Selasa (18/6/2013).
 
"Semua orang Tahiti menonton. Presiden kami mengirimkan pesan dan bahkan sempat menunda rapat kabinet, demi bisa menonton tim nasionalnya bertanding di Piala Konfederasi," lanjut pelatih berusia 43 tahun itu.
 
Perasaan terharu juga dialami salah satu punggawa Tahiti, Marama Vahirua yang sangat tersentuh dengan dukungan penonton lokal, yang notabene-nya berasal dari warga Brasil.
 
"Kami ingin berterima kasih kepada para suporter Brasil yang mendukung kami. Ini membantu kami bermain di pertandingan besar. ucap Vahirua.
 
Tahiti masuk ke dalam delapan tim peserta Piala Konfederasi di Brasil ini, sebagai juara OFC Nations Cup. Di pertandingan berikutnya, negara yang hanya memiliki 131 ribu penduduk saja bakal berkesempatan meladeni juara Piala Dunia dan Piala Eropa, Spanyol. Terakhir La Furia Roja (julukan Spanyol) berhasil mengalahkan juara Copa America, Uruguay dengan skor 2-1.
 
"Bagi kami, ini adalah kemenangan bisa berada di lapangan dengan Nigeria. Pertandingan berikutnya kami akan menghadapi Spanyol yang selama ini hanya mimpi," tegasnya.
 
Follow @bola_okezone
(fir)
http://bola.okezone.com/read/2013/06/18/51/823495/meski-dibantai-nigeria-pelatih-tahiti-tetap-bangga
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger