Penelitian: Satu Messi Setara Dua Ronaldo

BASEL - Perbandingan antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo nampaknya tidak akan pernah ada habisnya. Dan lagi-lagi megabintang Barcelona-lah yang jadi pemenangnya.

Kali ini perbandingan antara dua pemain terbaik dunia itu dilakukan oleh salah satu lembaga, yakni CIES Football Observatory di Neuchatel, Swiss, beberapa waktu lalu.

Dalam risetnya, CIES Football Observatory tak hanya membandingkan Messi dan Ronaldo, tapi dengan beberapa pemain dari lima liga elite di Eropa. Penilaian sendiri didasarkan dari berbagai aspek, seperti; usia, track record, durasi kontrak, penampilan, klub tempat bernaung, serta jumlah penampilan internasional yang dicatatkan sang pemain.

Nah, dari berbagai aspek di atas, Messi berhasik mengungguli semua kandidat yang jadi objek penelitian. Menurut laporan MARCA, megabintang Argentina memiliki nilai jual di kisaran 217 juta euro dan 253 juta euro.

Jumlah ini jauh di atas Cristiano Ronaldo. Megabintang Real Madrid itu sendiri ditaksir memiliki nilai jual 102 juta euro dan 118 juta euro, ata setengah dari nilai jual Messi.

"Ada lebih besar peluang Ronaldo meninggalkan Real Madrid dibanding Messi hengkang dari Barcelona. Utamanya karena harganya, yang membuatnya berada di luar jangkauan para peminat, kecuali untuk beberapa investor yang gila," tutur Rafaele Poli, salah satu penulis studi seperti dikutip MARCA.

Follow @bola_okezone untuk mendapatkan update seputar sepakbola (acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/14/46/822264/penelitian-satu-messi-setara-dua-ronaldo
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger