PSSI Tuding Promotor Biang Keladi Indonesia Tak Pakai Merah-Putih

JAKARTA - Ada rasa kecewa jelang laga persahabatan antara tim nasional (Timnas) Indonesia kontra Timnas Belanda. Bermain di negeri sendiri, di hadapan jutaan pasang mata, Timnas harus puas mengenakan kostum tandangnya, putih-hijau, sementara Belanda dengan kostum kebesarannya, oranye.

Persoalan ini memunculkan tanda-tanya. Bagaimana bisa masalah kostum saja Indonesia harus mengalah. Padahal aturan FIFA jelas, tim yang bermain di kandang berhak menggunakan kostum kebesarannya. Indonesia tidak bisa menggunakan seragam Merah-Putih karena warnanya hampir serupa dengan oranye.

Lantas siapa yang harus disalahkan? Belanda-kah yang keukeuh menggenakan kostum kebanggaan mereka? Atau pihak promotor yang melakukan kontrak kerjasama ini?

Wakil Ketua PSSI, La Nyalla Mataliti menegaskan bahwa kostum bukanlah hal sepele, melainkan masalah besar yang berkaitan dengan harga diri suatu bangsa. La Nyalla menambahkan bahwa promotor-lah pihak yang patut disalahkan untuk hal ini.

"Ini semua kesalahan EO atau promotor yang menjual terlalu murah semangat kebangsaan. Kedepan, EO akan kami tertibkan," tegas La Nyalla kepada wartawan. (baca juga: Jamu Belanda, Indonesia Pakai Kostum Away)

Di lain pihak, Federasi Sepakbola Belanda (KNVB), mendatangi Kantor PSSI, untuk menemui Ketua Umum PSSI, Djohar Arifin. Salah satu pembicaraanya ialah persoalan jersey tersebut.Dia mengklarifikasi bahwa tim Belanda tidak membawa jersey selain oranye, karena sesuai kesepakatan dengan promotor bahwa Belanda akan mengenakan jersey oranye.

Tapi, semoga masalah kostum ini tidak mempengaruhi semangat juang Boaz Solossa dkk di atas lapangan Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (7/6) malam nanti WIB. Semoga sejarah kelam dan bonus yang dijanjikan juga dapat membangkitkan serta membalikkan prediksi banyak kalangan bahwa Indonesia mampu setidaknya untuk mengimbangi kekuatan urutan ke-5 FIFA itu.

Follow Twitter @bola_okezone
(fit)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/07/51/818662/pssi-tuding-promotor-biang-keladi-indonesia-tak-pakai-merah-putih
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger