Soal Calciopoli, Ini Kata Nainggolan

JAKARTA – Skandal pengaturan skor acap kali terjadi di dunia sepakbola, khususnya di pentas Serie A. Klub sekaliber Juventus dan sejumlah klub lain seperti: AC Milan, Fiorentina, Lazio, dan Reggina bahkan pernah terseret ke dalam kasus ini.
 
Mantan Direktur Umum Si Nyonya Tua, Luciano Moggi merupakan aktor utama dari skandal yang kemudian dikenal dengan Moggiopoli. Kasus ini pun berhasil terbongkar ketika sejumlah transkrip percakapan telepon menunjukkan jaringan hubungan antara manajer tim dan organisasi wasit, musim 2006 silam.
 
Akibat Calciopoli, Bianconeri pun harus terdegradasi ke Serie B dan mendapat sanksi pengurangan poin. Menurut orang nomor satu Juve itu, pengaturan skor sejatinya masih terjadi hingga saat ini, bahkan lebih parah dari sebelumnya.
 
Jelang Piala Europa 2012 lalu, Serie A lagi-lagi diguncang kabar seputar skandal pengaturan skor atau yang kemudian dikenal dengan Scommessopoli. Allenatore Juventus, Antonio Conte terlibat kasus tersebut saat menukangi Siena.
 
Diakui bintang Cagliari, Radja Nainggolan bahwa ketatnya dan kerasnya kompetisi Serie A menjadikan sejumlah klub melakukan hal tersebut. Pemain keturunan Indonesia saat ini tengah mengunjungi tanah kelahiran ayahnya untuk melakukan laga ekshibisi dan coaching clinic.
 
"Liga Italia (Serie A) sulit, lebih sulit dari Liga lain. Hal itulah yang menyebabkan adanya skandal tersebut (Calciopoli)," kata Nainggolan kepada Okezone, saat ditemui di MNC Plaza, Selasa (18/6/2013).
 

Follow ofisial twitter kami @bola_okezone
(rin)
http://bola.okezone.com/read/2013/06/18/47/823769/soal-calciopoli-ini-kata-nainggolan
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger