Tim Samba Pukul KO Ayam Jantan

PORTO ALEGRE – Ulangan final Piala Dunia 1998 terjadi di Stadion Gremio, Senin dinihari tadi. Kali ini, tuan rumah Brasil menang meyakinkan 3-0 atas tamunya Prancis dalam laga persahabatan.
 
Bila 15 tahun lalu, Prancis menang tiga gol tanpa balas, kini skor berbalik. Semua gol Selecao dijaringkan di babak kedua, yakni oleh Oscar, Hernanes, dan penalti Lucas. Ini menjadi kemenangan Tim Samba atas Ayam Jantan sejak Agustus 1992.
 
Hasil ini menjadi modal bagus Brasil jelang Piala Konfederasi 2013 yang akan dimulai 15 Juni mendatang dengan laga perdana melawan Jepang. Sementara bagi Prancis, kekalahan telak ini menjadi lampu peringatan jelang lanjutan Kualifikasi Piala Dunia menghadapi tuan rumah Belgia pada Jumat lusa.
 
Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
Bertanding di hadapan 60 ribu penonton, Brasil yang kini terpuruk di peringkat 22 dunia tancap gas sejak awal laga. Hugo Lloris nyaris membuat blunder di menit pertama tapi beruntung bola tak masuk ke gawangnya sendiri. Sontekan Fred di menit kedua memanfaatkan umpan silang Oscar masih belum menemui sasaran.
 
Prancis yang berada di urutan 18 dunia langsung bereaksi. Berawal dari tendangan bebas Mathieu Valbuena, sundulan gelandang bertahan Guilermo Guilavogui masih tipis di samping gawang Julio Cesar pada menit ke-15.
 
Brasil terus mendominasi dan Oscar menjadi pemain terbaik mereka di paruh pertama dengan inisiatif dan pergerakannya yang membuat lini tengah Selecao menjadi begitu hidup.
 
Peluang terbaik di babak pertama didapat Neymar di menit ke-44. Namun, kombinasinya dengan Marcelo yang melakukan over lapping dari sisi kiri masih belum bisa diselesaikan dengan baik oleh penyerang anyar Barcelona tersebut.
 
Babak Kedua
Baik Brasil maupun Prancis tak melakukan satu pun pergantian pemain saat turun minum. Hulk beraksi pada menit ke-46 tapi tembakannya setelah melakukan cutting hanya mengenai jala samping. Yohan Cabaye tak mau kalah dan sepakannya hanya beberapa detik kemudian tipis di sisi kiri Julio Cesar.
 
Gol yang ditunggu publik tuan rumah akhirnya tercipta setelah Oscar memecah kebuntuan pada menit ke-53. Umpan terobosan dari Fred berhasil diselesaikan gelandang Chelsea tersebut dengan tenang.
 
Hernanes yang baru masuk di 10 menit terakhir berhasil menambah keunggulan Selecao usai sepakannya memanfaatkan assist Neymar bersarang ke pojok kiri gawang Lloris. Brasil unggul 2-0.
 
Tim Samba akhirnya menggenapi kemenangan mereka menjadi 3-0 setelah pemain pengganti lainnya Lucas mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-93.. Penalti diberikan karena Marcelo dijatuhkan di kotak terlarang.
 
Susunan pemain:
Brasil (4-2-3-1): Julio Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Luiz Gustavo (Hernanes 81'), Paulinho (Dante 87'); Hulk (Lucas 65'), Oscar (Fernando 65'), Neymar (Bernard 89'); Fred (Jo 71').


Prancis (4-3-3): Lloris; Debuchy, Rami, Sakho, Mathieu; Cabaye (Gomis 82'), Guilavogui, Matuidi (Grenier 70'); Valbuena (Lacazette 70'), Benzema (Giroud 70'), Payet.
 
Perbarui informasi sepakbola Anda di @bola_okezone
(auz)
http://bola.okezone.com/read/2013/06/10/51/819393/tim-samba-pukul-ko-ayam-jantan
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger