Warisan Ganda untuk Negeri Samba

RIO DE JANEIRO – Piala Dunia tak kurang dari satu tahun lagi. Piala Konfederasi sebagai pengawal fiesta penggila bola dunia sudah dihampar sejak akhir pekan lalu. Namun belakangan masih ada saja isu yang beredar bahwa gelaran sepakbola di tanah Brasil takkan meninggalkan manfaat.
 
Selain hingar-bingar para fans yang berdatangan ke sejumlah venue Piala Konfederasi, terdapat pula berbagai protes dari beberapa elemen terkait penggunaan "uang rakyat" yang hanya dihabiskan untuk pesta sepakbola.
 
Protes semacam itu memang bisa dimengerti mengingat Brasil bukanlah negara kaya-raya, melainkan tak jauh berbeda dari negeri kita, Indonesia. Namun Sekretaris Jenderal FIFA, Jérôme Valcke memastikan, pengeluaran pemerintah untuk penyelenggaraan Piala Konfederasi dan Piala Dunia tahun depan takkan sia-sia, melainkan akan "menelurkan" dua warisan berharga untuk negeri samba.
 
"Warisan itu akan menjadi sesuatu yang lebih setelah Piala Duna nanti, warisan itu akan bertahan 20 tahun ke depan untuk negeri ini. Warisan itu adalah perubahan infrastruktur yang dipersiapkan untuk Piala Dunia, akan membantu kehidupan warga dari hari ke hari di 12 kota," ungkap Valcke.
 
"Anda bisa lihat sendiri di Rio (de Janeiro) dan kota-kota lain. Kami juga membantu mengembangkan semua fasilitas yang dipersiapkan untuk fans serta tim-tim di Brasil dan demi kemajuan kualitas sepakbola seantero negara ini," lanjutnya, seperti dilansir TheWorldGame, Selasa (18/6/2013).
 
Valcke memberi contoh Afrika Selatan setelah penyelenggaraan Piala Konfederasi 2009 dan Piala Dunia 2010. Sebelum dipercaya menjadi tuan rumah pesta sepakbola, negara yang pernah dirundung politik Apartheid itu terbilang masih terbelakang. Tapi Afrika Selatan sudah berbeda pasca Piala Dunia.
 
"Ada dua level berbeda, satu warisan pada level sepakbola yang tentunya amat penting buat kami karena memang sudah tugas kami mengembangkan sepakbola di seluruh dunia. Kedua, adalah level negara di mana negara akan lebih maju dari satu level ke level berikutnya," tambah Valcke.
 
"Itulah yang sudah terjadi di Afrika Selatan. Afrika Selatan sebelum dan setelah Piala Dunia adalah dua negara yang berbeda," pungkasnya.
(raw)


http://bola.okezone.com/read/2013/06/18/51/823824/warisan-ganda-untuk-negeri-samba
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger