Masih Soal Madrid vs Barca?

JAKARTA – Sama seperti Premier League, kompetisi paling elite Spanyol, La Liga juga akan digulirkan akhir pekan ini? Real Madrid dan Barcelona sepertinya akan kembali memonopoli persaingan.

Bicara kompetisi La Liga dalam satu dekade terakhir, tidak akan pernah jauh dari dua tim di atas. Madrid dan Barca memonopoli persaingan, dengan silih berganti mengangkat trofi juara di akhir musim.

Untuk musim ini, sepertinya tidak akan jauh dari sebelum-sebelumnya. Barca dan Madrid akan jadi perhatian utama, sementara beberapa klub lain macam Valencia, Atletico Madrid dan Malaga hanya akan jadi batu kerikil kecil.

Indikasi Madrid dan Barca akan kembali bersaing tunggal dalam memburu gelar juara, ialah dengan aktifnya kedua tim melakukan perubahan. Dengan dukungan finansial yang memadai, baik El Real dan Barca melakukan sejumlah perubahan untuk meningkatkan kekuatan mereka.

Barca mempersiapkan diri dengan menunjuk pelatih anyar. Tito Vilanova yang musim lalu sering absen dan musim ini juga harus kembali menjalani pemulihan penyakit kanker kelenjar yang dialaminya, digantikan dengan Gerardo 'Tata' Martino.

Mantan pelatih Timnas Paraguay yang baru saja mengantar Newell's Old Boys menjuarai kompetisi Liga Argentina diberi kepercayaan untuk menukangi Lionel Messi cs. Meski belum punya catatan melatih di Eropa, namun Tata diyakini mampu membawa Barca meraih sukses, karena punya track record mumpuni di benua Amerika.

Untuk bisa memudahkan kinerja Tata, manajemen klub merekrut bintang muda Brasil, Neymar da Silva. Dengan mahar mencapai 57 juta euro, El Barca berhasil mengalahkan Real Madrid untuk mendapatkan tanda tangan bintang muda Santos tersebut.

Kehadiran Neymar diyakini akan membuat daya serang Blaugrana kian dahsyat. Neymar juga diharapkan bisa jadi solusi Barca apabila Lionel Messi tidak bisa memberikan kontribusi maksimal.

Meski sukses memperkuat lini depannya, Barca masih punya 'PR' besar yakni di sektor pertahanan. Lini yang dinilai jadi kelemahan utama Barca di musim lalu ini belum terselesaikan.

Sejauh ini, Barca belum mendapatkan pelapis untuk Carles Puyol yang mulai digerogoti cedera. Sejumlah incaran seperti David Luiz dan Daniel Agger belum memberikan sinyal positif.

Jika tidak segera merekrut bek tengah, besar kemungkinan Barca akan kembali kerepotan menjalani tiga kompetisi yang akan mereka mainkan.

Sementara di kubu lawan, Real Madrid tampak lebih siap menyambut musim. Manajemen klub langsung bergerak cepat mengantisipasi kepergian Jose Mourinho ke Chelsea.

Pelatih kawakan, Carlo Ancelotti didatangkan dengan tujuan bisa mengharmonisasi ruang ganti pemain yang 'panas' saat Mourinho memimpin. Ancelotti akan didampingi salah satu legenda hidup sepakbola dunia, Zinedine Zidane.

Dari sisi skuad, manajemen juga melakukan serangkaian perubahan. Jika dulu Madrid selalu mengutamakan pemain-pemain yang sudah matang dan berstatus bintang untuk direkrut, kali ini mereka lebih megedepankan merekrut pemain-pemain muda potensial.

Sebut saja Isco, Daniel Carvajal, Asier Illaramendi, serta dua pemain junior, Alvaro Morata dan Jese Rodriguez yang dipromosikan ke tim senior. Kelima pemain ini masih berusia sangat muda (di bawah 23 tahun).

Meski banyak mengandalkan pemain muda, namun Ancelotti bisa dibilang cukup sukses menyatukannya dengan para pemain bintang yang dimilikinya. Trofi Guiness International Champions Cup 2013 adalah salah satu bukti sahih, di mana kombinasi pemain muda dan bintang Madrid sukses menaklukkan tim tangguh macam Chelsea, yang dibesut Mourinho (3-1).

Saat ini, Madrid memang belum berhenti mencari pemain-pemain baru lain. Nama terakhir yang saat ini masih dikaitkan dengan Los Blancos ialah, bintang Tottenham Hotspur, Gareth Bale. Namun tanpa kehadiran Bale, skuad Madrid diyakini sudah cukup mampu bersaing di musim depan.

Melihat pergerakan Madrid dan Barca di bursa transfer musim panas ini, besar kemungkinan kompetisi La Liga musim depan akan kembali hanya milik mereka berdua. Pasalnya, klub lain macam Valencia, Malaga dan Atletico Madrid justru kehilangan para pemain andalannya, ketimbang memperkuat skuad.

Valencia kehilangan mesin golnya, Roberto Soldado. Begitu juga dengan Atletico yang melepas bomber andalannya, Radamel Falcao ke AS Monaco. Sementara Malaga yang musim lalu tampil mengejutkan baik di kompetisi La Liga maupun Eropa, kini harus kehilangan dua sosok paling berpengaruh, yakni Isco dan entrenador Manuel Pellegrini yang sekarang membesut Manchester City.

Persaingan sengit kompetisi La Liga akan bisa Anda saksikan di televisi nasional, RCTI, mulai akhir pekan ini.

Jadwal Jornada Pembuka La Liga 2013/2014:
Minggu (18/8/2013)

00.00 WIB:  Real Sociedad  vs  Getafe
02:00 WIB:  Real Valladolid  vs  Athletic Club
04: 00 WIB:  Valencia  vs  Málaga

Senin (19/8/2013)
00:00 WIB:  Barcelona  vs  Levante
02:00 WIB:  Real Madrid     vs  Real Betis
02:00 WIB:  Osasuna  vs  Granada
04:00 WIB:  Sevilla  vs  Atlético Madrid

Selasa (20/8/2013)
01:00 WIB:  Rayo Vallecano  vs  Elche
03:00 WIB:  Celta de Vigo  vs  Espanyol
03:00 WIB:  Almería  vs  Villarreal (acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/08/15/46/850025/masih-soal-madrid-vs-barca
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger