Milan Merana, Napoli Menggila

JAKARTA – Laga pembuka Serie A akhir pekan kemarin sedikit memberikan gambaran persaingan kompetisi musim ini. Sejumlah klub unggulan, kecuali Milan berhasil mengawali laga dengan kemenangan.

Ya, Milan menjadi satu-satunya klub besar yang tumbang di laga pembuka. Yang lebih mengejutkan, I Rossoneri dipaksa bertekuk lutut oleh klub promosi, Hellas Verona, 1-2.

Masalah klasik lemahnya lini belakang masih menjadi 'penyakit' utama Milan. Dua gol yang dilesakkan Luca Toni, semuanya tercipta lewat sundulan. Satu melalui set piece sementara satu lainnya berawal lewat umpan crossing.

Duo bek Milan yang dipasang Allegri kala itu, Christian Zapata dan Philippe Mexes tidak mampu bersaing dengan Toni dalam duel bola udara. Ini merupakan salah satu kelemahan Milan sejak musim lalu.

Selain lemahnya sektor pertahanan, ketergantungan Milan pada sososk Mario Balotelli juga sangat kental di laga ini. Beberapa kali, Balo harus berjuang sendirian. Dua hal inilah yang perlu segera dibenahi Massimiliano Allegri jelang laga krusial kontra PSV Eindhoven pada leg kedua playoff Liga Champions di San Siro, Kamis (29/8/2013) dini hari WIB.

Sang juara bertahan, Juventus mengirim sinyal mereka akan kembali jadi unggulan pertama peraih Scudetto. Pada laga melawan Sampdoria, Juve memang hanya menang tipis 1-0. Namun, setidaknya gol yang dicetak pemain anyar, Carlos Tevez memberikan gambaran bahwa tumpulnya lini depan yang jadi masalah Antonio Conte musim lalu sudah terselesaikan.

Inter Milan, yang musim lalu terperosok di posisi sembilan klasemen akhir, juga langsung panas di laga pembuka. Allenatore anyar, Walter Mazzarri langsung memberikan sentuhan emasnya seperti ketika menuukangi Napoli musim lalu, dengan membawa Inter menang 2-0 atas Genoa.

Dua klub Ibu Kota, AS Roma dan Lazio juga mengirim sinyal siap bersaing. Roma dengan pelatih barunya, Rudi Garcia tampil superior dengan menggasak Livorno 2-0. Daniele De Rossi yang musim lalu tidak mendapat peran sentral, kini kembali jadi andalan utama Garcia.

Sementara itu, rival sekotanya Lazio juga tampil cukup bagus. Hernanes kembali memberikan kontribusi nyata sebagai ruh permainan I Biancoceleste dengan mencetak satu gol yang membawa timnya menang 2-1 atas Udinese.

Tim yang paling mendapat sorotan selain Milan pada giornata perdana ini ialah Napoli. Bukan karena hasil buruk, melainkan start fantastis yang dilakukan anak-anak asuh Rafael Benitez.

Perombakan besar yang dilakukan Benitez pasca-kepergian Edinson Cavani terbukti tidak membuat I Partenopei kehilangan tajinya. Napoli bahkan tampil lebih garang dengan memukul Bologna dengan tiga gol tanpa balas.

Marek Hamsik yang dipercaya mengenakan ban kapten tampil apik dengan mencetak dua gol. Pemain anyar, Jose Callejon juga langsung menunjukkan ketajamannya dengan menyumbang gol. Sementara itu, pemain baru lainnya; Gonzalo Higuain, Raul Albiol dan kiper pinjaman dari Liverpool, Pepe Reina tampil cemerlang.

Terakhir, kuda hitam musim lalu Fiorentina yang baru berlaga dini hari tadi juga siap kembali menebar ancamannya di musim ini. Giuseppe Rossi yang menghabiskan musim lalu sibuk memulihkan cedera, langsung tampil gemilang dengan menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-1 La Viola atas Catania.

Berikut hasil lengkap Giornata perdana Serie A:
Hellas Verona  2 – 1  Milan
Sampdoria  0 – 1  Juventus
Inter Milan  2 – 0  Genoa
Cagliari  2 – 1  Atalanta
Lazio  2 – 1  Udinese
Livorno  0 – 2  Roma
Napoli  3 – 0  Bologna
Parma  0 – 0  Chievo
Torino  2 – 0  Sassuolo
Fiorentina  2 – 1  Catania (acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/08/27/47/856029/milan-merana-napoli-menggila
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger