Alasan Tata Ubah Gaya Main Barca

BARCELONA – Aroma perubahan begitu terasa dengan style permainan Barcelona sejak ditukangi Gerardo "Tata" Martino. Namun tak semua pihak menanggapi positif hingga akhirnya dijadikan polemik.
 
Soal hasil, memang bisa dibilang Blaugrana tetap ciamik di awal musim. Namun jelas terlihat gaya main Barca yang lazimnya acap menguasai lebih dari separuh persentase penguasaan alias ball possession, begitu berbeda akhir-akhir ini.
 
Tata sendiri mengaku tak terusik dengan sejumlah perdebatan yang muncul. Hanya saja, Tata punya argumentasinya sendiri di mana tak semua tim bisa dihadapi dengan penguasaan bola. Setiap tim punya pelatih dengan taktik berbeda. Jelas, Tata merasa El Barca juga harus siap beradaptasi dengan gaya main tim yang berbeda-beda itu.
 
"Saya tak terganggu dengan adanya perdebatan (gaya main). Untuk tim yang punya pendekatan luar biasa, akan selalu ada pembicaraan dalam situasi ini, lebih-lebih ketika pelatihnya bukan dari internal tim ataupun berasal dari Belanda," jelas Tata, sebagaimana disadur Football-Espana, Kamis (24/9/2013).
 
"Ketertarikan saya adalah, bagaimana tim ini tetap terlihat solid dan rileks. Itu akan memberi kedamaian dalam pikiran. Penguasaan bola memang signifikan tapi tergantung tim. Untuk Barcelona sangat penting, tapi Anda juga harus lihat karakteristik lawan dan latar belakang pelatih tim lawan," lanjutnya.
 
Di partai terakhir jornada kelima kontra Rayo Vallecano lalu, Tata juga dianggap publik punya keinginan mengubah susunan starter yang sedianya sudah mapan. Andrés Iniesta contohnya. Untuk kali pertama musim ini, Iniesta dimainkan berangkat dari bench. Tapi Tata punya alasannya sendiri.
 
"Tak ada yang berpikir bahwa Iniesta takkan jadi starter lagi. Tentu saja dia pemain utama. Tapi dengan segala hal yang dia lakukan sepanjang musim panas, Piala Konfederasi, pastinya dia butuh waktu untuk mengejar lagi performa idealnya," tukas Tata.
(raw)


http://bola.okezone.com/read/2013/09/24/46/870742/alasan-tata-ubah-gaya-main-barca
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger