Bara di Etihad

Game week kelima Premier League, akhir pekan ini akan menyajikan satu partai mega. Dua rival sekota, Manchester City akan menjamu saudara tuanya Manchester United. Siapa yang akan berjaya di Etihad Stadium?

Ini merupakan lembaran baru persaingan kedua kubu, menyusul berdirinya dua sosok pelatih anyar di kedua kubu. City kini ditukangi pelatih kawakan Manuel Pellegrini, sementara United dibesut David Moyes yang mengemban tugas berat melanjutkan dinasti Sir Alex Ferguson yang mewarisi gelar juara EPL musim lalu.

Bagi City, duel di Etihad tidak hanya semata-mata mencari tiga poin dan menjaga gengsi mereka sebagai salah klub yang pantas di pandang di kawasan Manchester. Kemenangan atas United juga menjadi harga mati demi sebuah konsistensi.

Membuka kompetisi dengan kemenangan 4-0 atas Newcastle, The Citizen justru tampil inkonsisten di beberapa laga berikutnya, di mana mereka kalah 2-3 dari tim promosi Cardiff City, lalu menang susah payah melawan Hull City (2-0) dan terakhir imbang kontra Stoke City (0-0).

Ambisi City untuk memetik tiga poin diperkuat dengan siap tampilnya sang kapten, Vincent Kompany yang absen sejak awal musim. Kompany bahkan sudah tampil di ajang Liga Champions tengah pekan lalu, dan membantu timnya menang 3-0 menghadapi Viktoria Plzen.

Dengan hadirnya Kompany, City dipastikan bakal tampil dengan kekuatan terbaik. Di lini tengah, Yaya Toure yang tampil gemilang saat melawan Plzen siap membantu lini serang yang kemungkinan diisi duet Sergio Aguero dan Edin Dzeko yang sejauh ini mampu membuktikan ketajamannya.

Sementara di kubu United, Rooney berpotensi jadi kartu 'As'. Ini menyusul performa ciamiknya yang mencetak tiga gol dalam dua laga terakhir. Rooney menyumbang satu gol dalam kemenangan 2-0 atas Crystal Palace, dan jadi aktor utama dalam kemenangan 4-2 melawan Leverkusen di Liga Champions dengan gelontoran dua golnya.

Selain Wazza, sosok lain yang tentunya harus diwaspadai para punggawa City ialah Robin van Persie. Striker internasional Belanda merupakan aktor utama di balik kemenangan 3-2 United dalam lawatan terakhir ke Etihad dengan tendangan bebasnya di masa injury time.

Sama seperti City, United juga bisa menurunkan skuad terbaiknya. Duet Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic siap mengawal jantung pertahanan. Sementara di lini tengah, Michael Carrick kemungkinan berduet dengan pemain anyar, Marouane Fellaini yang sebelumnya sudah bermain sebagai starter di Liga Champions, tengah pekan lalu.

Rekor
Menurut Soccerbase, laga kali ini akan jadi derby ke-165 kedua tim di semua ajang. United mencatatkan rekor lebih baik yakni dengan memetik 68 kemenangan berbanding 46 kemenangan milik The Citizen. 50 sisanya berakhir imbang.

United memang unggul rekor, namun anak-anak Old Trafford tidak lantas bisa jumawa. Pasalnya, City selalu mampu memberikan perlawanan sengit. Dalam 10 laga terakhir, skor yang tercipta selalu tipis, bahkan United pernah sekali dipermalukan 1-6 di markasnya Old Trafford.

Khusus di Etihad, dalam lima pertemuan terakhir United meraih tiga kemenangan dan dua kali kalah. Uniknya, tiga kemenangan tersebut diraih dengan skor identik, yakni 3-2.

Satu hal yang menarik untuk dinantikan pada partai ini ialah kepemimpinan wasit Howard Webb yang ditunjuk untuk memimpin laga. Wasit berkepala plontos itu kerap dituding memberikan keuntungan buat Setan Merah. Well, kita lihat saja nanti kepemimpinan Webb.

Prediksi: Man City 50-50 Man United

Perkiraan Pemain:
Manchester City (4-2-3-1): Joe Hart, Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov, Fernandinho, Yaya Toure, Jesus Navas, David Silva Aguero, Dzeko

Manchester United (4-4-2): De Gea, Smalling, Vidic, Ferdinand, Evra, Carrick, Fellaini, Young, Valencia, Rooney, Van Persie (acf)


http://bola.okezone.com/read/2013/09/20/282/869352/bara-di-etihad
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger