Timnas U-19 Targetkan Juara

JAKARTA - Tim nasional (timnas) U-19, targetkan keluar sebagai jawara Piala AFF U-19 di Surabaya, Jawa Timur, 9-22 September mendatang. Untuk melancarkan misinya tersebut, tercatat sudah ada sembilan laga uji coba yang dijalani tim besutan Indra Sjafri tersebut di masa persiapan.
 
Target tinggi dipancang awak timnas U-19 di ajang Piala AFF U-19 tahun ini. Kembali ditunjuk sebagai tuan rumah, setelah terakhir kali pada tahun 2005, target keluar sebagai yang terbaik langsung dituju. Apalagi, Indonesia sendiri belum pernah sekalipun mencatatkan namanya sebagai yang terbaik.
 
Jangankan keluar sebagai juara, sejak event ini digelar pertama kali pada tahun 2002, Indonesia belum pernah sekalipun masuk dalam empat negara terbaik. Australia dan Thailand masih jadi negara dengan koleksi gelar terbanyak yaitu tiga kali. Jika Australia berhasil juara pada tahun 2006, 2008, dan 2010, sementara Thailand di tahun 2002, 2009, dan 2011.
 
Adapun tiga negara lainnya yaitu Iran, Vietnam, dan Myanmar, masing-masing keluar sebagai yang terbaik pada 2012, 2007, dan 2005. Pada pergelaran tahun ini, tim Garuda Muda pun ditargetkan untuk mematahkan predikat sebagai tim pelengkap di ajang tersebut. Dengan dukungan penuh masyarakat Indonesia, keluar sebagai juara seolah jadi harga mati.
 
"Sebagai tuan rumah pada Piala AFF U-19 tahun ini, kami optimistis bisa menyabet gelar juara," ungkap Indra.
 
Tidak hanya Indra yang menargetkan bisa meraih gelar juara Piala AFF U-19 di tahun ini. Target tinggi juga dicanangkan Badan Tim Nasional (BTN). Lewat Sekretaris BTN, Sefdin Saefudin, organisasi yang membawahi seluruh timnas tersebut berharap Evan Dimas dkk bisa menunjukkan penampilan terbaik.
 
Apalagi timnas U-19 sendiri sudah mempersiapkan tim cukup lama. Di mana sejak bulan Juli, timnas U-19 sudah digembleng di Sidoarjo, Jawa Timur. Dan selama itu pula, tercatat sudah ada sembilan laga uji coba yang dimainkan tim Garuda Muda.
 
"BTN targetkan juara di Piala AFF U-19. Karena sebagai tuan rumah, tentunya berharap bisa jadi yang terbaik. Apalagi, persiapan kami juga sudah cukup lama untuk menjalani pergelaran tersebut. Kalaupun tidak, pasti akan ada evaluasi. Terutama di posisi kepelatihan," papar Sefdin.
 
Indonesia sendiri tergabung dalam Grup B bersama Brunei Darussalam, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Myanmar. Adapun persaingan di Grup A ditempati Laos, Filipina, Timor Leste, Singapura, dan Kamboja. Sementara untuk timnas U-19, di laga perdana akan ditantang Brunei pada 10 September mendatang di Stadion Delta, Sidoarjo.
 
Follow Twitter @bola_okezone
(Decky Irawan Jasri/Koran SI/fit)
http://bola.okezone.com/read/2013/09/06/51/862070/timnas-u-19-targetkan-juara
◄ Newer Post Older Post ►
 

© Piala Aff 2012 Powered by Blogger